SELAMAT DATANG, SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA

Selasa, 31 Januari 2017

MANAJEMEN PERUBAHAN



Manajemen sebagaimana dirumuskan oleh Jones adalah The planning, organizing, leading and controling of resources to achieve organizational goals effectively and efekciently.[1]  Pengertian manajemen yang dirumuskan oleh Jones dan kawan-kawanya adalah pengertian manajemen yang lazim digunakan dan disepakati oleh sebagian besar tokoh manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan penggunaan sumber daya dalam rangka mencapai tujuan organisasi secara efekrtif dan efisien. Nada yang berbeda diungkapkan oleh Robbin yaitu sebagai suatu proses untuk membuat aktivitas terselesaikan secara efisien dan efektif dengan melalui orang lain.[2]
Perubahan pada dasarnya melakukan segala sesuatu secara berbeda. Jeff Davidson mnenjelaskan bahwa perubahan merujuk pada sebuah terjadinya sesuatu yang berbeda dengan sebelumnya. Perubahan bisa juga bermakna malakukan hal-hal dengan cara baru, mengikuti jalur baru,  mengadopsi teknologi baru, memasang sistem baru, mengikuti prosedur-prosedur manajemen baru, penggabungan, melakukan reorganisasi, atau terjadinya peristiwa yang bersifat menggangu yang sangat signifikan.[3] Rumusan perubahan yang diungkapkan oleh davidson tersebut, bahwa perubahan organisasi termasuk lembaga pendidikan tinggi bisa terjadi diberbagai aspek kehidupan organisasi. Potts dan La Marsh melihat bahwa perubahan merupakan pergeseran dari keadaan sekarang suatu organisasi menuju keadaan yang diinginkan di masa depan. Perubahan dari keadaan sekarang tersebut dilihat dari struktur, proses, orang dan budaya.[4] Perubahan lembaga menurut Potts dan La Marsh dibatasi pada aspek struktur organisasi, proses, orang dan budaya organisasi.
Setelah dijelsakan pengertian  manajemen dan perubahan, selanjutnya dirumuskan pengertian manajemen perubahan. Menurut Winardi,(2011:8) manajemen perubahan adalah upaya yang ditempuh manajer untuk memanajemen perubahan secara efektif, dimana diperlukan pemahaman tentang persoalan motivasi, kepemimpinan, kelompok, konflik, dan komunikasi.
Menurut Wibowo, dalam bukunya, Manajemen perubahan adalah suatu proses secara sistematis dalam menerapkan pengetahuan, sarana dan sumber daya yang diperlukan untuk mempengaruhi perubahan pada orang yang akan terkena dampak dari proses tersebut. Manajemen perubahan adalah suatu proses secara sistematis dalam menerapkan pengetahuan, sarana, dan sumber daya yang diperlukanuntuk mempengaruhi perubahan pada orang yang akan terkena dampak dari proses tersebut (Potts dan LaMarsh, 2004:16).
Manajemen perubahan adalah suatu strategi perubahan organisasi yang bertujuan untuk melakukan pembaruan terhadap kemampuan organisasi agar memiliki kinerja yang tinggi. Manajemen Perubahan adalah upaya yang dilakukan untuk mengelola akibat-akibat yang ditimbulkan karena terjadinya perubahan dalam organisasi. Manajemen perubahan merupakan strategi untuk menjamin eksistensi diri dan organisasi menuju tercapainya visi dan misi. Perubahan membutuhkan tools alat manajemen yaitu POLC. Planning (perencanaan),  Organizing  (pengorganisasian),  Leading (kepemimpinan dan penggerakan), serta  Controlling (monitor dan evaluasi). Integrasi ilmu ini akan menjamin keterandalan dan kemampuan diri serta organisasi mengelola perubahan.
Manajemen perubahan adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk mengelola akibat-akibat yang ditimbulkan karena adanya perubahan dalam organisasi. Organisasi dapat terjadi karena sebabsebab yang berasal dari dalam maupun dari luar organisasi tersebut. Manajemen perubahan ini merupakan proses, alat, dan teknik untuk mengelola orang-sisi proses perubahan, untuk mencapai hasil yang diperlukan, dan mewujudkan perubahan secara efektif di dalam individu, tim, dan sistem yang luas.
Jadi dapat diartikan bahwa manajemen perubahan marupakan strategi yang harus dilakukan oleh seorang manajer dalam organisasinya untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan diorganisasi yang dipimpin serta mempertahan eksistensi yang telah dicapai agar proses manajemen yang meliputi Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian),  Leading  (kepemimpinan dan penggerakan), serta Controlling  (monitor dan evaluasi),  bisa berjalan secara efektif dan efisien.


[1] https://pmancoffeemix.wordpress.com/2011/defenisi-manajemen
[2] Ibid
[3] Op. Cit. Davidson, Jeff, h. 3
[4] https://pmancoffeemix.wordpress.com/2011/defenisi-manajemen

0 komentar:

Posting Komentar