SELAMAT DATANG, SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA

Sabtu, 11 Februari 2017

HAKIKAT MANAJEMEN






HAKIKAT MANAJEMEN
(Defenisi Manajemen, Proses, Fungsi, dan Tujuan Manajemen)

Oleh: HARNI
Mahasiswa STAI AL-Gazali Bone
Semester VIII PAI
 
BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Sebelum abad ke-20,terjadi dua peristiwa penting dalam ilmu menajemen. Peristiwa pertama terjadi pada tahun 1776, ketika Adam Smith menerbitkan sebuah doktrin ekonomi klasik, The wealth of Nation. Dalam bukunya itu, ia mengemukakan keunggulan ekonomis yang akan diperoleh organisasi dari pembagian kerja ( divion of labor ), yaitu perincian pekerjaan kedalam tugas-tugas spesifik dan berulang. Dengan menggunakan industri pabrik peniti sebagai contoh, Smith mengatakan bahwa dengan sepuluh orang masing-masing melakukan pekerjaan khusus perusahaan peniti dapat menghasilkan kurang lebih 48.000 peniti dalam sehari. Akan tetapi, jika setiap orang bekerja sendiri menyelesaikan tiap-tiap bagian pekerjaan, sudah sangat hebat bila mereka mampu menghasilkan spuluh peniti dalam sehari. Smith menyimpulkan bahwa pembagian kerja dapat meningkatkan produktivitas dengan (1). Meningkatnya keterampilan dan kecekatan tiap-tiap pekerja, (2). Menghemat waktu yang terbuang dalam pergantian tugas, dan (3). Menciptakan mesin dan penemuan lain yang dapat menghemat tenaga kerja.
      Peristiwa penting kedua yang memengaruhi perkembangan ilmu menajemen adalah Revolusi Industri di Inggris. Revolusi industri menandai dimulainya penggunanan mesin, menggantikan tenaga manusia, yang berakibat pada pindahnya kegiatan produksi dari rumah-rumah ke tempat khusus yang disebut pabrik. Perpindahan ini mengakibatkan manajer-manajer itu ketika itu membutuhkan teori yang dapat membantu mereka meramalkan permintaan, memastikan cukupnya persediaan bahan baku, memberikan tugas kepada bawahan, mengarahkan kegiatan sehari-hari dan lain-lain, sehingga ilmu manajemen mulai dikembangkan oleh para ahli.
Salah satu point penting di dalam manajemen adalah mengenai fungsi dari manajemen tersebut, dan pada kesempatan ini penulis akan memberikan beberapa pendapat para ahli mengenai fungsi-fungsi manajemen yang sudah penulis rangkai di dalam bab pembahasan.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan manajemen?
2.      apa saja fungsi dari manajemen?
3.      Apa tujuan dari manajemen?
4.      Bagaimana proses manajemen itu?
C.     Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui definisi manajemen.
2.      Untuk mengetahui fungsi dari manajemen.
3.      Untuk mengetahui tujuan dari manajemen.
4.      Untuk mengetahui proses manajemen itu.

BAB ll
PEMBAHASAN
A.     PENGERTIAN MANAJEMEN
Secara umum pengertian manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya. Manajemen memiliki kegiatan memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan, dan mengembangkan.
Manajemen dapat dikatakan sebagai seni. Manajemen marupakan seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui kerja sama dengan orang lain. Seni manajemen terdiri dari kemampuan untuk melihat totalitas di bagian-bagian yang terpisah dari suatu visi tersebut. Aspek-aspek perencanaan kepemimpinan, komunikasi dan pemngambilan keputusan mengenai unsur manusia tentang cara menggunakan pendekatan manajemen seni.
Pengertian manajemen menurut para ahli:
·         Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan yang secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untik menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan. Berikut beberpa definisi manajemen yang dikemukakan oleh para ahli yaitu sebagai berikut:
·         Manullang: pengertian manajemen menurut manullang adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan,  pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
·         John D. millet : menurut John D Millet yang berpendapat dalam bukunya yang berjudul Management in the public service bahwa pengertian manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan.
·         Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel : pengertian manajemen menurut Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel dalam bukunya the principles of management yang mendefinisikan pengertian manajemen bahwa manajemen adalah cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan yang lain.
·         George R Terry : pengertian manajemen menurut George R Terry bahwa dalam bukunya the principles of management yang mengemukakan bahwa pengertian manajemen bahwa manajemen adalah cara untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya dengan menggunakan kegiatan orang lain.
·          Henry Fayol : menurut Henry Fayol, bahwa pengertian manajemen dalam bukunya general industrial management bahwa manajemen adalah proses tertentu yang terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia dan menggandakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.

B.     FUNGSI MANAJEMEN
Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:
1.      Perencanaan ( planning )
2.      Pengorganisasian ( organizing )
3.      Pengarahan ( actuating / Directing )
4.      Pengawasan ( controlling )
Fungsi perencanaan
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Kegiatan dalam fungsi perencanaan:
*      Menetapkan tujuan dan target bisnis
*      Merumuskan trategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut.
*      Menentukan sumber_sumber daya yang diperlukan
*      Menetapkan standar/ indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target  bisnis.
Fungsi pengorganisasian
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah di rumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh. System dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.

Kegiatan dalam fungsi pengorganisasian:
*       Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang di perlukan.
*      Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab.
*      Kegiaatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/ Tenaga kerja.
*      Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat.
Fungsi pengarahan dan implementasi
Proses implementasi program agar dapat di jalankan oleh seluruh pihak  dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Kegiatan dalam fungsi pengarahan dan implementasi:
*      Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
*      Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.
*      Menjelaskan kebijakan yang di tetapkan.
Fungsi pengawasan dan pengendalian
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah di rencanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang di hadapi.
Kegiatan dalam fungsi pengawasan dan pengendalan:
*      Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.
*      Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
*      Melakukan berbagai alternative solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.
Fungsi operasional dalam manajemen
Pada pelaksanaannya, fungsi-fungsi manajemen yang dijalankan menurut tahapan tertentu  akan sangat berbeda jika didasarkan pada fungsi operasionalnya. Secara operasional, fungsi planning untuk sumber daya manusia akan berbeda dengan fungsi planning untuk sumber daya fisik/alam, dan sebagainya.
Manajemen organisasi bisnis dapat dibedakan menjadi fungsi-fungsi:
*      Manajemen sumber daya manusia
*      Manajemen pemasaran
*      Manajemen operasi/produksi
*      Manajemen keuangan
*      Manajemen informasi

C.     TUJUAN MANAJEMEN
Tujuan manajemen adalah sebuah ilmu didalam melaksanakan kegiatan organisasi atau perusahaan. Kegiatan-kegiatan perusahaan bisa berupa pengorganisasian yang didalamnya mengcakup tindakan perencanaan, menyusun, mengusahakan dan pengawasan yang meliputi seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan. Semisal jika organisasi berupa perusahaan, maka tujuannya sudah jelas, yaitu mencari laba sebanyak mungkin untuk kemakmuran pemilik.
Tujuan manajemen sebaiknya ditetapkan secara realistis, rasional, logis serta ideal yang berdasarkan kepada fakta data, potensi serta kemampuan yang dimiliki dan juga tidak saling bertentangan dengan nilai sosial, moral, agama maupun peraturan pemerintah yang ada supaya tujuan perusahaan yang ditetapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan cukup visible untuk bisa dicapai yang menguntungkan semua pihak yang ada.
Kepada seorang manajer. Definisi tersebut meliputi 4 hal pokok yaitu :
1.      Tujuan
2.      Skope
3.      Kepastuian
4.      Arah

Tujuan manajemen haruslah mencakup ke 4 hal tersebut berikut dengan perencanaan tenyang kebijakan, strategi, prosedur, metode, sistem, aturan, intruksi dan yang lainnya yang bisa dijalankan dalam mencapai tujuan tersebut.
Pada dasarnya, yang perlu dikatehui adalah bahwa setiap tujuan adalah merupakan rencana. Tujuan-tujuan organisasi atau perusahaan bisa terlihat dari Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga ( ADART ) tiap-tiap organisasi. Tujuan manajemen bisa ditinjau dari berbagai sudut, semisal berdasarkan tipe, prioritas, jangka waktu, sifat, hierarki, bidan ataupun menurut jiwanya. Tujuan manajemen berdasarkan tipe tujuan bisa terdiri atas :
1.      Profit objektives, tujuan manajemen untuk memperoleh laba untuk pemiliknya.
2.      Service objective, tujuan manajemen memberi pelayanan yang bagus untuk konsumen, maksudnya bisa meninggikan nilai barang atau jasa yang ditawarkan atau dijual kepada konsumen.
3.      Social objektives, tujuan manajemen untuk lebih mementingkan nilai yang bjsa diciptakan oleh organisasi untuk kesejahteraan masyarakat.
4.      Personal objektives, tujuan manajemen lebih menghendaki karyawan atau pekerja secara individual memperoleh kepuasan dalam hal pekerjaan didalam organisasi atau perusahaan. Tujuan manajemen berdasarkan prioritas bisa dibagi atas :
1.      Sasaran primer
2.      Sasaran sekunder
3.      Sasaran individual
4.      Sasaran sosial

Tujuan manajemen berdasarkan jangka waktu dapat dibagi atas:
1.      Tujuan jangka panjang
2.      Tujuan jangka menengah
3.      Tujuan jangka pendek

Tujuan manajemen menurut bidangnya bisa kita lihat sebagai berikut:
1.      Top level objective, tujuan secara umum, menyeluruh yang berkaitan dengan berbagai bidang sekaligus.
2.      Finance objective, tujuan manajemen yang berkaitan dengan modal
3.      Production objective, tujuan manajemen yang berkaitan dengan produksi.
4.      Marketing objective, tujuan yang berkaitan dengan bidang pemasaran
5.      Office objective, tujuan yang berkaitan dengan bidang ketatausahaan.

Tujuan manajemen dilihat dari motifnya,terbagi atas:
1.      Public objective, tujuan manajemen yang wajib diraih karena ada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
2.      Organizational objective, tujuan yang harus direalisasikan dikarenakan ada ketentuan organisasi yang telah tercantum pada statute, ADART yang bersifat zakelijk dan impersonal yang artinya tidak boleh berdasarkan pada pertimbangan selera pribadi didalam upaya cara pencapaiannya.
3.      Personal objective, tujuan individu atau tujuan pribadi yang walaupun mungkin masih berkaitan dengan organisasi yang didalam upaya pencapaiannya sangat terpengaruh oleh pandangan atau selera pribadi.

D.     PROSES MANAJEMEN
Griffin dan Ebert (2002) menjelaskan bahwa manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian pengarahan, dan pengawasan sumber daya keuangan, dan informasi suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya. Manajer perlu memperhatikan seluruh fungsi manajemen tersebut sebagai proses yang saling terkait satu sama lain.
  Adapun proses manajemen meliputi tahapan berikut.
1.      Planning (perencanaan)
Perencanaan adalah merumuskan apa yang dibutuhkan oleh organisasi dan bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. Proses perencanaan ini pada dasarnya, meliputi 3 kegiatan utama, yaitu merumuskan tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan, merumuskan strategi yang menyeluruh untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan, dan merumuskan Langkah-langkah perencanaan untuk mengimplementasikan strategi perusahaan.
2.      Organizing (pengorganisasian)
Pengorganisasian merupakan proses manajemen yang menetapkan cara terbaik dalam mengatur sumber daya dan aktivitas suatu organisasi menjadi suatu struktur yang logis.
3.      Directing (pengarahan)
Para manajer memiliki kekuatan untuk memberi perintah dan mengharapakan hasil. Adapun pengarahan (directing) mencakup berbagai aktivitas yang rumit. Ketika melakukan directing, manajer bekerja untuk mengarahkan dan memotivasi karyawan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Salah satu bentuk directing adalah mendengarkan keluhan karyawan, memberi respons dengan segera, baik pada karyawan maupun perusahaan.

4.      Controlling (pengendalian)
Pengendalian merupakan proses manajemen untuk memonitor kinerja organiasi untuk menjamin proses berjalan sesuai tujuan. Setiap pimpinan perusahaan harus benar-benar memperhatikan permasalahan yang menyangkut biaya dan kinerja.
 
 
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
1.      Manajemen merupakan ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
2.      Adapun fungsi utama dalam manajemen:
a.       Fungsi perencanaan (planning)
b.      Fungsi pengorganisasian (organizing)
c.       Fungsi pengarahan (actuating/directing)
d.      Fungsi pengawasan (controlling)
3.      Tujuan manajemen menurut GR Terry adalah tujuan yang diinginkan oleh pihak yang berkepentingan yang melukiskan ruang atau skope yang jelas dan memberi arah kepada seorang manajer.
Tujuan-tujuan organisasi bisa terlihat dari Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART) tiap-tiap organisasi meliputi:
a.       Tujuan manajemen berdasarkan tipe tujuan
b.      Tujuan manajemen berdasarkan prioritas
c.       Tujuan manajemen berdasarkan jangka waktu
d.      Tujuan manajemen menurut bidangnya
e.       Tujuan manajemen dilihat dari motifnya.
 
DAFTAR PUSTAKA
 Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan, Dasar-Dasar Perbankan, Jakarta: Bumi Aksara, 2004,
Rahmat, Definisi Manajemen, disalin dari website ://blog.re.or.id/definisi-manajemen.htm
Hasibuan, Malayu, Manajemen= Dasar, Pengertian dan Masalah, (PT Bumi Aksara: Jakarta),2005
Trisnawati Sule, Ernie, Pengantar Manajemen, (Kencana: Jakarta), hal.8

0 komentar:

Posting Komentar